Efek Plastik Berbayar, Produksi Kantong Kresek Turun 20 Persen

Sampah plastik yang menggunung dan tercecer di mana-mana membuat citra sampah plastik di mata masyarakat jadi jelek. Akan tetapi ternyata, hasil produksi plastik justru sangat penting sekali perannya di masa pandemi ini. Ada banyak solusi mudah yang kita bisa lakukan untuk membantu mengurangi sampah plastik. RumahCom – Sampah plastik masih menjadi isu dunia karena dampak merusak lingkungan. Oleh karena itu, penggunaan sampah plastik harus benar-benar ditekan. Manusia sebagai pengguna juga harus sangat bijak dalam menggunakannya.

Bisnis plastik sedang menurun

BULOG adalah perusahaan umum milik negara yang bergerak di bidang logistik pangan. Ruang lingkup bisnis perusahaan meliputi usaha logistik/pergudangan, survei dan pemberantasan hama, penyediaan karung plastik, usaha angkutan, perdagangan komoditi pangan dan usaha eceran. Nilai suatu produk bagi konsumen dapat meningkat dengan semakin banyaknya konsumen lain yang menggunakan suatu produk atau layanan. Efek tersebut terjadi pada produk-produk informasi dan teknologi, seperti telepon seluler, operator telepon seluler, dan situs web. Sehingga, para pionir pada bidang ini mati-matian menciptakan foundation pelanggan sebanyak mungkin pada awal-awal masuk pasar.

Belum lagi setiap mau masuk gedung, biasanya kita diukur temperatur tubuhnya pakai thermogun, yang lagi-lagi terbuat dari plastik juga. Saat makan di restoran atau ke bank juga, kita akan menemuai banyak pembatas yang terbuat dari plastik mika dan akrilik. Bahkan sempat di masa awal pandemi ini dimulai, botol plastik kecil sempat jadi barang langka dan dicari–saking banyaknya yang mau produksi hand sanitizer dan dijual dalam botol-botol kecil.

Lakukan sendiri distribusi tingkat ritel tanpa melalui agen atau distributor. Pada komoditas tertentu menyediakan fitur di luar fungsi secara berlebihan justru akan menimbulkan persepsi yang keliru atau dampak negatif. Misal, bila tempat terlalu indah, calon konsumen tidak percaya harganya murah. Sementara fitur yang berdampak negatif sering kita lihat pada kafe.

Selain itu, pemerintah juga sedang membahas sanksi bagi setiap pelanggaran penggunaan plastik. Dengan demikian, diharapkan limbah plastik di Indonesia bisa berkurang dan tidak menyebabkan kerusakan ekosistem. Iwan mengaku, ia sudah menjadi nelayan di Muara Angke selama 20 tahun. Berbeda saat dia baru menjadi nelayan, air terlihat jernih dan sampah hampir tidak ada. Selain itu, lanjut Kajidin, sampah plastik juga sangat mengganggu proses penangkapan ikan. Nelayan yang biasa menangkap rajungan itu seringkali menemukan sampah yang ikut tergulung di dalam jaring saat jaring tersebut diangkat.